Selamat Datang DiBlogspot PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Merangin

Sabtu, 05 Oktober 2013

Jasa Sebuah KTP



USAHAKU HANYA BERMODALKAN KTP

         PNPM Mandiri Perdesaan adalah program untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan secara terpadu dan  berkelanjutan. Pendekatan PNPM Mandiri Perdesaan merupakan pengembangan dari Program Pengembangan Kecamatan (PPK), yang selama ini dinilai berhasil. Beberapa keberhasilan PPK adalah berupa penyediaan lapangan kerja dan pendapatan bagi kelompok rakyat miskin, efisiensi dan efektivitas kegiatan, serta berhasil menumbuhkan kebersamaan  dan partisipasi masyarakat.
Sosok Ibu Hermawati adalah ketua kelompok SPP Bunga Anggrek Desa Tanjung Beringin Kecamatan Tabir Barat. Ibu Hermawati bekerja sebagai tenaga pengajar di Pesantren Al Munawarah. Penghasilan Ibu Hermawati sebagai guru honor hanya Rp. 720.000/ bulan dan suaminya yang kebetulan juga guru honor ditempat yang sama berpenghasilan Rp. 720.000/bulan. Dengan penghasilan keduanya jika digabung tergolong kecil tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Bahkan seringkali mereka berhutang ke tetangga hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.
Pada bulan Juni 2012 Ibu Hermawati mendapat pinjaman SPP dari PNPM Mandiri Perdesaan sebesar Rp. 2.000.000,-. Dengan modal dari pinjaman SPP inilah beliau mencoba membuka warung kecil-kecilan yang menjual manisan di depan rumahnya. Berkat kegigihan dan kesabaran beliau warungnya semakin berkembang dan barang dagangannya semakin bervariasi terutama sembako yang dapat memenuhi kebutuhan warga sekitar.  Apalagi warung yang menjual sembako atau manisan di desa Tanjung Beringin ini, baru milik Ibu Hermawati ini.
Setelah Pinjaman yang ketiga cair yaitu sebesar Rp. 5.000.000,- Ibu Hermawati memanfaatkan dana tersebut untuk mengembangkan usahanya dan saat ini sudah memiliki Counter HP yang menjual pulsa. Kebetulan disekitar rumah beliau ada sedikit sinyal HP sehingga penjualan pulsanya cukup laris, bahkan warga desa-desa tetangga membeli pulsa HP di warung Ibu Hermawati.  
Ibu Hermawati yang juga  sebagai ketua kelompok Bunga Anggrek mengakui dengan adanya SPP ini sangat membantu, masyarakat, terutama dirinya sendiri. Syaratnya sangat ringan, cukup membuat kelompok yang beranggotakan minimal 7 orang, menyerahkan foto copy KTP, surat izin suami dan rekomendasi Kades, sudah bisa mengajukan proposal pinjaman SPP. 
Saat ini Ibu Hermawati sangat merasakan betapa benyaknya manfaat yang didapat dari adanya SPP ini. Menurut Beliau, sebenarnya kalau betul-betul dimanfaatkan dana SPP ini dapat meningkat ekonomi rumah tangga sehingga tidak tergantung lagi dari penghasilan suami. Tapi sayang masih ada anggota yang peminjam dana SPP yang salah memanfaatkan dana ini, sehingga terkesan tidak merubah ekonomi rumah tangga bahkan terkesan membebani mereka. Bagaimana tidak, dana yang sudah dipinjam digunakan untuk kebutuhan konsumtif, saat jatuh tempo tanggal pembayaran mereka kesulitan untuk mencari uang dan merasa terbebani. Hal seperti inilah yang menyebabkan banyak tunggakan SPP.
Ibu Hermawati merupakan sebagian kecil orang yang dianggap sukses mengelola pinjaman SPP. Pada awalnya Ibu Hermawati merasa kesulitan memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Setelah adanya Pinjaman dari dana SPP PNPM Mandiri Perdesaan ini  beliau mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga dan sekolah anak. Bahkan Ibu Hermawati mampu menyisihkan sedikit keuntungannya untuk biaya pendidikan anaknya kelak yang sekarang baru menginjak bangku kelas II SD.
Usaha Ibu Hermawati tergolong cukup maju, keuntungan yang bisa didapat bisa mencapai Rp. 120.000 perhari. Beliau berkeinginan mengembangkan usahanya menjadi toko yang lebih besar atau toko serba ada (Toserba). Cuma saat ini masih terkendala modal, sedangkan mengajukan pinjaman ke Bank banyak syarat yang tidak bisa beliau penuhi. Harapannya dengan pinjaman SPP mudah-mudahan cita-citanya ingin membuat Toserba bisa terwujud. Jika pinjaman SPP kami lunas, maka saya akan mengajukan pinjaman Rp. 8.000.000,- untuk menambah modal usaha ini.
Saya sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada PNPM Mandiri Perdesaan, karena berkat adanya SPP saya bisa membuka usaha warung seperti ini. Bagaimana tidak, saya bisa mendapatkan modal usaha dengan mudah dan tidak banyak persyaratan, bunganya dan angsurannya ringan. Maklumlah kami tidak punya jaminan yang dibisa dijaminkan ke bank, kecuali KTP. Saya rasa hanya PNPM Mandiri inilah yang bisa memberikan pinjaman usaha yang hanya bermodalkan KTP. Mudah-mudahan SPP dan PNPM-MP tetap berlanjut terus, sehingga dapat membantu masyarakat miskin
Dengan cerita Ibu Hermawati ini dapat menggugah anggota kelompok SPP yang lain untuk membuat usaha dan dapat membantu suami memenuhi kebutuhan hidupnya.    
Biodata Nara Sumber :
Nama             : Hermawati
Alamat            : Desa Tanjung Beringin
Jabatan          : Ketua Kelompok SPP Bunga Anggrek
Agama           : Islam
Pekerjaan      : Tenaga pengajar Pesantren Al Munawarah
Usaha                        : Warung Manisan
Nama Suami : Mardianto
Anak               : 1. Rifa
                          2. Rofi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGADUAN PNPM MANDIRI PERDESAAN

Via Web : Klik Disini
Via SMS, Kirim Ke : 0821 1210 9495 / 0857 1030 1234
Via Email : pengaduan@ppk.or.id atau pengaduan@nmc.ppk.or.id
Via Surat : Komp. Bungur Indah No.1 Jl.Bungur, Kemang Utara Jakarta Selatan 12730

Dapat Juga Melalui Fasilitator Kabupaten merangin
Iwan Joni HS : 085378628717
Adiarta : 08127431159
Bayu Pramono : 085211566898

Untuk dapat segera ditindaklanjuti pengaduan yang disampaikan melalui sms, email maupun website ini hendak nya menyertakan beberapa informasi yang relevan dan lengkap, seperti nama program, lokasi dan pelaku yang diadukan

Terima Kasih.

Entri Populer