Selamat Datang DiBlogspot PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Merangin

Senin, 26 Agustus 2013

Peran Seorang Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa

Tabir



“KEBAHAGIAAN DAN KEPUASAN YANG TAK TERNILAI  HARGANYA”
Menjadi seorang Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) bukanlah suatu hal yang mudah, karena di samping adanya kemauan serta rasa ingin membangun yang tinggi, seorang KPMD juga dituntut untuk rela bekerja secara sukarela, tanpa pamrih dan punya cukup waktu karena dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya ia tidak digaji jika pun ada hanya bantuan transport yang nilainya tidak seberapa. 
           Disamping itu yang tidak kalah pentingnya, seorang KPMD juga harus di kenal dan dapat di terima oleh masyarakat,  karena sebagai pendamping masyarakat tentunya pendampingan bisa berjalan kalau masyarakat bisa menerima serta sudah percaya kepadanya, untuk bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat serta berperan aktif dalam setiap kegiatan yang ada di suatu desa terutama bagi warga pendatang bukanlah hal yang gampang, karena pada umumnya di desa nilai-nilai kedaerahan, kekeluargaan serta adat istiadat dan kebiasaan yang turun temurun dari dahulunya masih tetap dipegang teguh oleh masyarakatnya.  Sehingga tidak jarang para pendatang di suatu desa seakan merasa terasing dan disisihkan oleh masyarakat apabila dia tidak bisa beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan dan masyarakat setempat. 

Photo Ibu Gurliawti bersama kel. SPP

        Oleh karenanya untuk bisa mendapatkan kepercayaan oleh masyarakat seorang pendatang harus mampu berbaur serta senantiasa aktif mengikuti setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Dan yang tidak kalah pentingnya dia harus mampu memberi arti dan membuktikan bahwa dia merupakan bahagian dari masyarakat desa itu sendiri, hal inilah yang dilakukan oleh Ibu Gurliawati yang merupakan salah seorang pendatang di desa Lubuk Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin.
Ibu yang mempunyai seorang putri datang ke Lubuk Napal bersama suaminya yang sama-sama berasal dari Kerinci merantau ke Lubuk Napal untuk mencari kehidupan, untuk membantu suaminya yang bekerja sebagai pedagang manisan keliling, Ibu Gurliawati juga berjualan kecil-kecilan di Sekolah Dasar Negeri desa Lubuk Napal, serta ikut menjadi tenaga honorer di sekolah tersebut.
Karena keaktifan yang di tindaklanjuti dengan wujud kesungguhan dan keseriusannya dalam mengikuti kegiatan yang ada di Desa Lubuk Napal sehingga sejak dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2013 ini, ia masih dipercayakan oleh masyarakat setempat menjadi Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Lubuk Napal pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan.
Kepercayaan yang diberikan masyarakat merupakan amanat dan tanggung jawab besar yang harus di jalankan meskipun dengan berbagai konsekwensi yang dihadapi, inilah suatu pernyataan yang keluar dari mulut Ibu Gurliawati, sehingga sampai dengan saat ini ia
tetap bertahan sebagai KPMD walaupun dari segi ekonomis jabatan tersebut tidaklah menjanjikan. Disamping itu iapun menyatakan bahwa semenjak bergabung dengan PNPM Mandiri Perdesaan serta menjabat sebagai KPMD bukan hanya tugas dan tanggungjawab semata yang ia rasakan akan tetapi dibalik itu semua banyak hal berupa pengetahuan dan pengalaman yang ia dapati sehingga menambah kemapanannya dalam berinteraksi dengan masyarakat setempat.
                                         Simulasi Fasilitasi MD oleh Ibu Gurliawati saat rakor KPMD

Selama menjabat sebagai KPMD, dalam pikirannyapun kadang kala terbesit keinginan untuk mundur di karenakan adanya rasa jenuh serta ketika adanya permasalahan desa dan kelompok spp yang mesti di fasilitasinya guna mencarikan solusi pemecahannya, namun seiring berjalannya waktu pikiran tersebut hilang dan buktinya sampai saat ini dia tetap eksis. Diapun tidak habis pikir mampu bertahan menjadi KPMD dalam waktu cukup lama, yang jelas baginya bahwa menjadi KPMD bukan hanya keiginan diri sendiri tapi yang paling penting masih dipercayai oleh masyarakat desa, selanjutnya dengan menjadi KPMD baginya sudah ikut berpartisipasi dan ikut ambil bahagian dalam pembangunan desa, bisa berbaur dengan masyarakat secara luas setidaknya membuktikan bahwa dirinya masih mempunyai arti ditengah masyarakat, hal ini tentunya memberikan kebahagiaan dan kepuasan tersendiri yang tidak ternilai harganya.

              Terima kasih masyarakat Desa Lubuk Napal dan terima kasih PNPM Mandiri Perdesaan.




PENGADUAN PNPM MANDIRI PERDESAAN

Via Web : Klik Disini
Via SMS, Kirim Ke : 0821 1210 9495 / 0857 1030 1234
Via Email : pengaduan@ppk.or.id atau pengaduan@nmc.ppk.or.id
Via Surat : Komp. Bungur Indah No.1 Jl.Bungur, Kemang Utara Jakarta Selatan 12730

Dapat Juga Melalui Fasilitator Kabupaten merangin
Iwan Joni HS : 085378628717
Adiarta : 08127431159
Bayu Pramono : 085211566898

Untuk dapat segera ditindaklanjuti pengaduan yang disampaikan melalui sms, email maupun website ini hendak nya menyertakan beberapa informasi yang relevan dan lengkap, seperti nama program, lokasi dan pelaku yang diadukan

Terima Kasih.

Entri Populer