Selamat Datang DiBlogspot PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Merangin

Sabtu, 03 Agustus 2013

Kecamatan Tabir Kekompakan dan Kerjasama yang Solid





Kekompakkan dan kerjasama
Yang solid
             
Dari sekian banyak usulan dari tiap desa dan kegiatan fisik yang terdanai, ada cerita menarik dari salah satu kegiatan fisik di tahun 2013 ini yaitu di Desa Kandang. Sebelumnya Desa Kandang ini sudah 3 kali terdanai kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan, pada tahun 2008 kegiatan jalan rabat beton, tahun 2010 kegiatan jalan rabat beton dan pada tahun 2011 juga kegiatan jalan rabat beton. Ketiga-tiganya kegiatan ini terletak di daerah perkebunan karet Dusun II Desa Kandang. Alhamdulillah sekarang masyarakat yang  melewati jalan tersebut menjadi lancar dengan menggunakan kendaraan bermotor.



 Pada tahun ini kegiatan yang di usulkan pembangunan Jalan rabat beton  yang berlokasi di daerah perkebunan Dusun I Desa Kandang.Alhamdulillah kegiatan ini terdanai PNPM-MP dengan volume 1500 x 1,5 M termasuk Jembatan sepanjang 6 m. Sebelum pekerjaan di mulai masyarakat sudah melaksanakan musyawarah membahas rencana pembangunan jalan rabat beton tersebut, masyarakat sepakat untuk tukang dan   pekerja adalah orang-orang yang memang selalu melewati area perkebunan dan yang mempunyai kebun di dalam area tersebut.
Supaya Jalan rabat beton yang dibuat sesuai dengan harapan benar-benar bermutu dan berkualitas, agar dapat bermanfaat dalam waktu yang lama. Pekerjaan dimulai pada akhir bulai mei 2013 dengan membentuk kelompok-kelompok kerja, ada yang khusus untuk mengangkut bahan material seperti semen, pasir, kerikil dan ada juga yang khusus mengerjakan adukan semen atau cor beton.   Dalam sehari pekerja bisa menyelesaikan rabat beton sepanjang ± 50 M dengan lebar 1,5 M.


 Hanya dalam waktu 3 minggu TPK  sudah dapat melaksanakan MDPj pada pertengahan bulan juni, laporan pertanggungjawaban dana yang disampaikan oleh TPK dapat diterima oleh masyarakat yang hadir pada saat musyawarah tersebut. Forum meminta pekerjaan dilanjutkan segera karena mengingat bulan ramadhan akan tiba dan sesuai dengan kesepakatan awal pekerjaan sebelum idul fitri sudah selesai dilaksanakan, dan setelah lebaran dilanjutkan lagi mengerjakan jembatan. Untuk kegiatan fisik tahun 2013 ini Desa Kandang termasuk salah satu kegiatan yang paling cepat, sampai saat ini dana yang disalurkan kepada TPK sudah 70% dari alokasi dana yang ditetapkan dan pekerjaan sudah mencapai progres 65%.
Dengan kekompakkan dan kerjasama yang solid antar pelaku PNPM-MP ditingkat desa beserta para pekerja kegiatan jalan rabat beton ini sudah sesuai dengan target yang diharapkan. Sebelum adanya jalan rabat beton masyarakat yang melewati area perkebunan ini sangat susah dilewati karena kondisi jalan yang sangat memperihatikan apalagi musim hujan tiba jalan tergenang oleh air dan sebagian titik-titik malah kebanjiran. Untuk membawa hasil perkebunan karet keluar harus berjalan kaki sepanjang ± 2 – 3 km, bagi yang tidak sanggup memikul terpaksa mengupah dengan biaya Rp.50.000,- untuk sekali angkut hasil karet keluar.
            Sekarang jalan yang dikerjakan sudah mencapai 1000 M lebih dan sebagian sudah dilewati dengan menggunakan kendaraan bermotor, Masyarakat sangat bersyukur sekali hasil karet dapat di angkut memakai motor.Dengan semangat kebersamaan demi tercapainya suatu keberhasilan para pekerja tetap bekerja dalam bulan ramadhan ini, walaupun dalam sehari hanya bisa menyelesaikan maksimal 30 M.                Mudah-mudahan para pelaku PNPM-MP tingkat desa beserta tukang dan pekerja tetap kompak dan kerjasama yang solid dalam melaksanakan jalan rabat beton ini, Pada akhirnya nanti apa yang diinginkan oleh masyarakat Desa Kandang terutama Dusun I yang melewati daerah perkebunan tersebut sesuai dengan harapan mengangkut hasil karet tidak lagi berjalan kaki tapi sudah bisa menggunakan kenderaan bermotor.

Terima kasih PNPM-Mandiri Perdesaan kami Bangga membangun desa.

PENGADUAN PNPM MANDIRI PERDESAAN

Via Web : Klik Disini
Via SMS, Kirim Ke : 0821 1210 9495 / 0857 1030 1234
Via Email : pengaduan@ppk.or.id atau pengaduan@nmc.ppk.or.id
Via Surat : Komp. Bungur Indah No.1 Jl.Bungur, Kemang Utara Jakarta Selatan 12730

Dapat Juga Melalui Fasilitator Kabupaten merangin
Iwan Joni HS : 085378628717
Adiarta : 08127431159
Bayu Pramono : 085211566898

Untuk dapat segera ditindaklanjuti pengaduan yang disampaikan melalui sms, email maupun website ini hendak nya menyertakan beberapa informasi yang relevan dan lengkap, seperti nama program, lokasi dan pelaku yang diadukan

Terima Kasih.

Entri Populer