Selamat Datang DiBlogspot PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Merangin

Sabtu, 03 Agustus 2013

Jembatan Gantung Membawa Untung



JEMBATAN GANTUNG MEMBAWA UNTUNG

JIika orang lain hanya memandang jembatan gantung sebagai sarana transportasi semata. Namun masyarakat desa Bukit Batu Kecamatan Sungai Manau Kabupaten Merangin Provinsi Jambi melihat hal yang berbeda.  Bagi mereka, jembatan gantung benar-benar membawa untung.

      Desa Bukit Batu termasuk satu desa yang berada di Kecamatan Sungai Manau. Secara Geografis Desa Bukit Batu terletak disebelah Utara Merangin, ibukota kecamatan dan bisa ditempuh dengan mempergunakan transportasi darat. Adapun jarak dari desa Bukit Batu ke ibukota kecamatan adalah ± 6 km, ke ibukota kabupaten ± 48 Km, dan ke ibukota provinsi ± 474 Km. Mata pencaharian penduduk desa pada umumnya adalah sebagai petani. DesaBukit Batu terdiri dari 4  dusun dengan  penduduk  958  jiwa atau 238  KK,  laki-laki 491 jiwadan perempuan 468 jiwa
Desa ini sudah merasakan banyak manfaat program PNPM Mandiri Pedesaan. dengan dampingan Tim Fasilitator Kecamatan ini sejak awal masuknya PNPM Mandiri Pedesaan hingga terbentuk KPMD dan TPK, banyak tantangan yang sudah dilalui masyarakat, hingga akhirnya desa ini bisa lebih berdaya dan mandiri.
Semua itu tidak lepas dari peran serta aktif  KPMD, TPK, dan aparatur desa yang selalu mendukung pelaksanaan program. Begitu juga masyarakat Desa Bukit Batu khususnya yang menerima manfaat. Apalagi saat ini sudah terbangun jembatan gantung penghubung ke lokasi ladang/kebun masyarakat.
Sebelum jembatan dibangun masyarakat sangat kesulitan mengelola ladang mereka. Hal ini disebabkan tiadanya akses jalan penyeberangan, sehingga harus melalui sungai untuk mencapai ladang mereka. Hasil ladang sering tidak optimal, terutama saat kondisi air sungai meningkat atau cukup deras untuk dilalui. Bahkan masyarakat sangat kesulitan mengangkut hasil ladangnya.
Bermula dari hal itulah untuk tahun anggaran 2010 masyarakat mengusulkan kepada PNPM Mandiri Pedesaan untuk membangun jembatan penyeberangan atau jembatan gantung.
Sesuai analisis fasilitator teknik dan tim lainnya yang turut berpartisipasi dalam penyusunan desain dan penghitungan pembiayaan jembatan, pembangunan dilakukan melalui beberapa tahapan dana PNPM Mandiri Pedesaan, dengan total dana Rp 229.230.000 ditambah swadaya masyarakat sebesar Rp 7.475.000 yang dikelola oleh Tim Pengelola Kegiatan.
Pembangunan jembatan ini tidak terlepas dari peran serta dan masukan dari berbagai pihak terutama Tim pemantau kegiatan dilapangan bersama tim fasilitator. Hal ini membuat TPK bersemangat dan bertambah wawasannya karena ada hal-hal yang secara teknis mereka belum pernah diketahui sebelumnya.
Sebelum pekerjaan jembatan dilaksanakan, Kader Teknis, PL serta TPK melakukan survei lokasi yang akan dikerjakan dan harga material, upah. Walaupun  dana belum dicairkan, masyarakat sangat antusias untuk segera melakukan pembangunan. Masyarakat merasa bahwa kegiatan ini adalah tanggung jawab bersama dan kegiatan ini adalah milik masyarakat,
Kini masyarakat sudah mulai merasakan manfaat dari kegiatan ini. Jembatan yang menjadi akses transportasi penghubung dari permukiman warga ke lahan pertanian masyarakat ternyata memang sangat membantu meningkatkan perekonomian. Mereka dengan mudah dapat mengelola lahan pertaniannya, bisa menyeberang mengangkut hasil pertanian mereka tanpa harus menggunakan rakit dan perahu lagi. Jembatan tersebut juga mendukung kegiatan lainnya dari masyarakat setiap harinya. Jembatan gantung itu akan menjadi urat nadi bagi mata pencaharian masyarakat setempat.
Berbagai kesulitan yang dialami dalam mengelola perkebunan akhirnya tuntas dengan kehadiran jembatan gantung. Saat ini hasil kebun sudah bisa dinikmati dengan maksimal.
Disatu sisi, jembatan gantung boleh saja dipandang hanya sebagai sarana transportasi. Tapi bagi masyarakat Desa Bukit Batu, jembatan ini adalah urat nadi perekonomian. Sebab dari jembatan ini pula, kran ekonomi yang sebelumnya sedikit tertutup, kini terbuka selebar-lebarnya. (Bambang Indrayadi - FT Sungai Manau) 

PENGADUAN PNPM MANDIRI PERDESAAN

Via Web : Klik Disini
Via SMS, Kirim Ke : 0821 1210 9495 / 0857 1030 1234
Via Email : pengaduan@ppk.or.id atau pengaduan@nmc.ppk.or.id
Via Surat : Komp. Bungur Indah No.1 Jl.Bungur, Kemang Utara Jakarta Selatan 12730

Dapat Juga Melalui Fasilitator Kabupaten merangin
Iwan Joni HS : 085378628717
Adiarta : 08127431159
Bayu Pramono : 085211566898

Untuk dapat segera ditindaklanjuti pengaduan yang disampaikan melalui sms, email maupun website ini hendak nya menyertakan beberapa informasi yang relevan dan lengkap, seperti nama program, lokasi dan pelaku yang diadukan

Terima Kasih.

Entri Populer