Selamat Datang DiBlogspot PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Merangin

Sabtu, 31 Agustus 2013

Impian desa Telentam akan Penerangan



IMPIAN MASYARAKAT DESA TELENTAM

KECAMATAN TABIR BARAT MENJADI KENYATAAN


        Desa telentam adalah salah satu desa yang belum mendapatkan pelayanan listrik secara layak di kecamatan tabir barat kabupaten merangin. Untuk menuju desa telentam harus melewati kebun karet dan kebun sawit warga desa. Desa yang dilalui ke arah desa telentam dari ibu kota kecamatan tabir barat desa muara kibul adalah adalah desa  sungai tabir  barulah sampai ke desa telentam. Jarak desa telentam ke ibukota kecamatan adalah + 10 km ke arah utara dari ibu kota kecamatan tabir barat.
        Selama ini untuk mendapatkan  listrik masyarakat desa telentam mengandalkan genset yang banyak menimbulkan polusi suara, dan tambahan membeli bahan bakar minyak yang dikalkulasi setiap bulannya sebanyak 360 ribu setiap bulannya itupun menyala sampai jam 12 malam karena di hitung membeli minyak 2 liter per hari dengan harga minyak bensin rp. 6000 harga sampai di telentam. Di samping menggunakan genset masyarakat telentam mengandalkan lampu minyak tanah yang rawan kebakaran rumah karena kebanyakan rumah msyarakat desa telentam menggunakan dinding papan/kayu. Semua itu berdampak pada kehidupan bidang  sosial budaya.  Untuk bidang sosial budaya dampaknya adalah banyak warga hanya beraktifitas di siang hari karena di malam hari untuk penerangan listrik menjadi kendala. Untuk belajar anak sekolah di malam hari juga menjadi kendala karena kurangnya penerangan listrik yang yang semua itu berdampak pada proses belajar anak sekolah. Lagi-lagi pembangkit listrik tenaga mikro hidro (pltmh) di sungai muara tamelan  menjadi tumpuan masyarakat untuk mendapatkan listrik  yang tidak layak dan murah  untuk ukuran masyarakat desa telentam. Untuk itu diperlukan usaha untuk merubahnya agar warga desa mendapatkan listrik secara permanen.
        Dengan adanya program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan (pnpm – mp) yang masuk di desa telentam kecamatan tabir barat sejak tahun 2010. Warga desa telentam menaruh harapan besar pada pnpm – mp, dikarenakan melalui  pnpm lah cita – cita untuk bisa mendapatkan listrik yang layak menjadi kenyataan. Melalui musyawarah di dusun yang difasilitasi oleh kader pemberdayaan masyarakat desa (kpmd) dan diteruskan di musyawarah desa perencanaan yang di kenal dengan (md ii) pembangunan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (pltmh) 15 kw adalah prioritas usulan desa untuk dibawa mewakili desa telentam di musyawarah desa prioritas usulan/mesrembang kecamatan. Di dalam musyawarah desa priorias usulan/mesrembang kecamatan  yang diwakili oleh tim 6 masing – masing desa, desa telentam termasuk desa yang masuk dalam sekala prioritas ke 5 (lima) untuk didanai melalui pnpm – mp anggaran tahun 2011. Dengan didanainya usulan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (pltmh) 15 kw maka impian  masyarakat desa telentam menjadi kenyataan . Masyarakat sangat antusias berpatisipasi dalam pumbuatan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (pltmh) 15 kw ini. Hal dibuktikan dengan banyaknya swadaya yang diberikan baik berupa lahan dan material. Setelah di buat desain dan rab yang dibuat oleh tpk dengan difasilitasi oleh faslitator kecamatan maka pada bulan mei  tahun 2011 diadakan musyawarah antar desa penetapan usulan (mad iii). Di mad iii ditetapkan dana untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (pltmh) 15 kw desa telentam adalah rp. 349.213.600,- termasuk operasional tpk 3 % dan upk 2 %. Dan nilai swadayanya adalah rp. 32.621.750,- dalam bentuk tenaga kerja dan material pasir, kerikil dan batu kali.
        Dengan adanya  pembangkit listerik tenaga mikro hidro (pltmh) di desa telentam menjadi desa yang bersinar dimalam hari , anak_anak bisa belajar dan menonton televisi dan dari segi ekonomis masyarakat sudah dapat menghemat biaya dibandingkan sebelum adanya pltmh.

Dokumentasi Fasilitator dan Masyarakat dalam membangun PLTMH Desa Telentam Kecamatan Tabir Barat Kabupayen Merangin Provinsi Jambi 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGADUAN PNPM MANDIRI PERDESAAN

Via Web : Klik Disini
Via SMS, Kirim Ke : 0821 1210 9495 / 0857 1030 1234
Via Email : pengaduan@ppk.or.id atau pengaduan@nmc.ppk.or.id
Via Surat : Komp. Bungur Indah No.1 Jl.Bungur, Kemang Utara Jakarta Selatan 12730

Dapat Juga Melalui Fasilitator Kabupaten merangin
Iwan Joni HS : 085378628717
Adiarta : 08127431159
Bayu Pramono : 085211566898

Untuk dapat segera ditindaklanjuti pengaduan yang disampaikan melalui sms, email maupun website ini hendak nya menyertakan beberapa informasi yang relevan dan lengkap, seperti nama program, lokasi dan pelaku yang diadukan

Terima Kasih.

Entri Populer