Selamat Datang DiBlogspot PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Merangin

Senin, 10 November 2014

Peresmian Los Pasar Desa oleh Bupati Kabupaten Merangin



BUPATI MERANGIN RESMIKAN LOS PASAR DESA YANG DIDANAI PNPM-MPd DI DESA TANAH ABANG

Pasar desa, yang dulunya terlihat kumuh dan tidak teratur, sekarang berangsur menjadi pasar yang bersih dan rapi. Semua ini berkat perjuangan masyarakat yang diwakili Tim 6 untuk meng-gol-kan usulan mereka di MAD. Semua masyarakat di Desa Tanah Abang sangat antusias dengan pembangunan los pasar tersebut, selain mengubah fisik pasar menjadi lebih sehat, kegiatan ini juga memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat setempat dalam proses pembangunan. Pelaksanaan kegiatan dalam PNPM Mandiri Perdesaan, sangat melibatkan masyarakat, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, sampai pada tahap pemeliharaan dan pelestarian. Administrasi dan keuangan juga dipercayakan kepada masyarakat. Upaya ini dilakukan dalam usaha agar masyarakat bisa mendayagunakan diri mereka sendiri untuk meningkatkan taraf ekonomi, sesuai dengan tujuan dari PNPM Mandiri MPd yaitu Mengentaskan Kemiskinan. Pembangunan ini juga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat setempat, dengan memberikan lapangan dalam proses pembangunannya.




Tepatnya pada hari Rabu, 29 Oktober 2014 secara resmi Los Pasar Desa Tanah Abang Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin dibuka untuk masyarakat. Pasar yang didanai oleh APBN dan APBD serta swadaya masyarakat itu memiliki 14 los, dengan panjang 21 meter,  lebar 6 meter.  Pada pembangunan Los Pasar ini, para pekerja merupakan masyarakat setempat sebanyak 15 orang. Total biaya yang didanai oleh PNPM MPd sebesar Rp 169.719.000,- ditambah swadaya masyarakat sebesar Rp 3.800.000,-.
Bupati Merangin, H. Al Haris, S.Sos, MM meresmikan langsung Los Pasar Desa Tanah Abang sekaligus peringatan Ulang Tahun Pasar Desa yang ke-18. Sangat terlihat antusias masyarakat untuk memeriahkan menghadiri peresmian tersebut. Pihak desa juga menyediakan berbagai macam kesenian daerah berupa gamelan paguyuban desa dan tari-tarian daerah. Kesenian daerah Jawa sangat kental dalam acara peresmian tersebut karena mayoritas penduduk Desa Tanah Abang adalah suku Jawa. Dari acara kesenian tersebut terlihat bahwa Kades Tanah Abang, Bapak Sutrisno juga mendukung kesenian budaya daerah.
Ternyata Bupati Merangin juga mengikuti mekanisme PNPM Mandiri Perdesaan, sesuai dengan harapan beliau yang disampaikan melalui sambutannya, beliau mengatakan bahwa PNPM MPd merupakan program yang bisa dipercaya, mekanisme-nya yang transparan dimana yang mengelolanya adalah masyarakat. Selain itu beliau juga sangat berharap bahwa PNPM Mandiri Perdesaan ini dilanjutkan oleh pemerintah karena masyarakat sangat menikmati manfaat dari pelaksanaan program ini.

06-11-2014
FK Pamenang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGADUAN PNPM MANDIRI PERDESAAN

Via Web : Klik Disini
Via SMS, Kirim Ke : 0821 1210 9495 / 0857 1030 1234
Via Email : pengaduan@ppk.or.id atau pengaduan@nmc.ppk.or.id
Via Surat : Komp. Bungur Indah No.1 Jl.Bungur, Kemang Utara Jakarta Selatan 12730

Dapat Juga Melalui Fasilitator Kabupaten merangin
Iwan Joni HS : 085378628717
Adiarta : 08127431159
Bayu Pramono : 085211566898

Untuk dapat segera ditindaklanjuti pengaduan yang disampaikan melalui sms, email maupun website ini hendak nya menyertakan beberapa informasi yang relevan dan lengkap, seperti nama program, lokasi dan pelaku yang diadukan

Terima Kasih.

Entri Populer