Selamat Datang DiBlogspot PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Merangin

Sabtu, 05 Oktober 2013

Kecamatan renah Pamenang punya Cerita



Beli Kulkas buat Usaha dari Dana SPP

Kelompok SPP PNPM-MP Pasar Senin Desa rasau mempunyai 20 anggota salah satunya yang bernama Ibu Dayah, beliau adalah seorang wanita yang gigih, tekun dan sabar, kehidupannya yang biasa membuatnya semakin bersemangat untuk menjalani kehidupan dizaman yang penuh modern.
Disini dia hidup dengan suami dan anaknya yang masih sekolah di MIN Desa Rasau, suaminya hanya kerja serabutan dia dipercaya oleh pihak sekolah SDN 170/VI desa Rasau untuk mengurus dan merawat gedung sekolah.


Walaupun demikian ibu Dayah tidak hanya diam saja ia memanfaatkan peluang yang baik yaitu berjualan membuka warung sekolah atau sekarang sering disebut kantin sekolah  dengan sedikit modal ia rintis warung dengan apa adanya untuk membeli makanan ringan yang disukai oleh anak-anak kecil pada umumnya. Sedikit demi sedikit ia mulai menambah jajanan yang dia beli dari warung ibu Kaseh yang tempatnya agak jauh dari rumahnya. Dia juga mempunyai ide-ide membuat makanan ringan lainnya seperti empek mini dll. Dalam pikirannya ia berniat untuk membeli buku-buku tulis dan perlengkapa sekolah lainnya agar anak-anak sekolah tidak susah untuk membeli di took yang jauh dari sekolah.
Tepikir olehnya untuk meminjam dana dari PNPM-Mandiri yang berada di Kecamatan Renah Pamenang yaitu Simpan Sinjam Perempuan. SPP tersebut ringan jasanya 1,5% per bulannya untuk penjaman awal Rp. 2.000.000,- selama 10 bulan.”ini peluang yang sangat bagus “ pikirnya Dengan mendapatkan bantuan modal dan pembinaan dalam hal cara penggunaan modal tersebut. Ia mulai membeli kulkas untuk membuat es batu yang ia pakai untuk menjual es manis yang pasti sehat.“Dan Alhamdullilah anak-anak SD banyak yang beli," ujarnya sambil melayani pembeli saat istirahat tiba.
Seiring usahanya yang terus berkembang, ibu Dayah setiap SPP yang ia pijam menambah permodalan usahanya. Dan terakhir ia mendapatkan bantuan pinjaman modal dari PNPM-MP sebanyak Rp 4.000.000 yang digunakan untuk menambah modal membeli peralatan sekolah lainnya juga makanan ringan.
Ia sangat terbantu atas pinjaman SPP ini karena dengan begitu ia sangat dimudahkan untuk semakin mengembangkan warungnya dengan cicilan yang ringan dan terjangkau olehnya.(By : Rhisma)

KESIMPULAN

Dari kisah sukses yang terungkap di atas, ada banyak hal yang menarik yang dapat menjadi pembelanjaran bagi yang ingin melakukan wirausaha. Antara lain untuk memulai usaha tidak perlu dengan modal yang besar, Ibu Dayah memulai usahanya hanya dengan Modal Rp. 2.000.000,- dari SPP PNPM-MP tetapi dengan kerja keras dan ketekunannya usahanya terus berkembang hingga saat sekarang ia bias memnuhi kebutuhan keluarga dan menyekolahkan anaknya, bahkan bisa menyisihkan uangnya untuk modal kembali.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGADUAN PNPM MANDIRI PERDESAAN

Via Web : Klik Disini
Via SMS, Kirim Ke : 0821 1210 9495 / 0857 1030 1234
Via Email : pengaduan@ppk.or.id atau pengaduan@nmc.ppk.or.id
Via Surat : Komp. Bungur Indah No.1 Jl.Bungur, Kemang Utara Jakarta Selatan 12730

Dapat Juga Melalui Fasilitator Kabupaten merangin
Iwan Joni HS : 085378628717
Adiarta : 08127431159
Bayu Pramono : 085211566898

Untuk dapat segera ditindaklanjuti pengaduan yang disampaikan melalui sms, email maupun website ini hendak nya menyertakan beberapa informasi yang relevan dan lengkap, seperti nama program, lokasi dan pelaku yang diadukan

Terima Kasih.

Entri Populer