Selamat Datang DiBlogspot PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Merangin

Sabtu, 05 Oktober 2013

Cerita Ibu-Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Tabir


                                               "BANGGA MEMAKAI KARYA SENDIRI"


Tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa pelatihan menjahit memang sudah lama di tunggu oleh para ibu-ibu di Kecamatan Tabir pada umumnya dan Kelurahan Mampun pada khususnya karena semenjak berjalannya PNPM Mandiri Perdesaan dari tahun 2007 sampai dengan 2012 tidak satupun usulan dari kelompok perempuan yang berupa pelatihan menjahit pernah terdanai, akan tetapi pada tahun 2013 impian tersebut terwujud, sehingga para peserta sangat antusias untuk mengikuti pelatihan tersebut.

                   Dokumentasi Pelatihan

        
 Suasana pelatihan yang tidak terlalu formal ternyata sedikitpun tidak mempengaruhi makna dan tujuan yang akan di capai dari pelaksanaan pelatihan itu sendiri. Hal inilah yang di jumpai pada saat pelatihan menjahit di Kelurahan Mampun Kecamatan Tabir  Kabupaten Merangin yang didanai oleh dana BLM PNPM Mandiri Perdesaan Tahun anggaran 2013. Keasrian pakaian yang dikenakan para peserta pelatihan menjahit menjadi warna tersendiri yang menambah keaslian masyarakat setempat, di mana dengan memakai baju kurung dusun dan memakai sarung para peserta tetap eksis mengikuti pelatihan menjahit.
Dengan adanya pelatihan ini para peserta telah merasakan secara langsung manfaat yang mereka terima, baik itu dalam segi pengetahuan maupun dalam segi ekonomisnya. Para peserta yang selama ini tidak pernah membayangkan bisa mengoperasikan mesin jahit apalagi untuk bisa menjahit pakaian dengan adanya pelatihan ini mereka sudah bisa mengopersikan mesin jahit dan menjahit pakaian, walaupun pada awal-awal praktek menjahit banyak hal yang mengundang tawa akibat ulah dari para peserta karena baru pertama mengoperasikan mesin jahit sehingga sangat tegang dan kaku, akan tetapi dari hari-hari mereka bisa mengoperasikan secara normal.
Demikian juga dalam segi ekonomisnya mereka yang dulunya selalu harus mengeluarkan uang yang banyak untuk keperluan pakaian sehari-hari seperti pembelian dasar kain sekaligus upah dalam pembuatan dan penjahitannya, namun sekarang sedikit demi sedikit mereka sudah bisa memenuhi kebutuhan  sehari- hari mereka dengan tangan mereka sendiri yang menjahitnya sehingga mereka hanya mengeluarkan uang untuk membeli dasar kain. Hal ini telah mereka buktikan dimana dari pengakuan yang ada bahwa untuk pakaian pada saat Hari Raya Idul Fitri 1434 H kemaren mereka telah bisa menjahit pakaian mereka sendiri, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi.


    Foto: 2 orang Peserta mengenakan baju hasil jahitan sendiri

Para peserta pelatihan juga tidaksungkan-sungkan mengungkapkan bahwa mereka sangat bangga dan senang memakai pakaian dari hasil jahitan mereka sendiri, karena memang materi praktek dari pelatihan ini memang secara umum lebih banyak untuk keperluan ibu-ibu dan anak-anak perempuan, seperti baju kurung, baju games, celana panjang atau rok panjang. Sehingga dengan sendirinya para peserta sangat serius mengikuti pelatihan yang ada.
Dengan berbekal pengetahuan yang telah didapati dari pelatihan ini para peserta pelatihan sudah merasa yakin kedepannya mereka mampu untuk memenuhi kebutuhan pakaian dengan menjahit sendiri tentunya secara tidak langsung akan menekan angka pengeluaran keluarga dalam hal pemenuhan kebutuhan pakaian, bahkan kalau bisa untuk lebih dikembangkan dan bisa menjadi salah satu sumber penambah pendapatan keluarga.
Ucapan terimakasihpun disampaikan terhadap PNPM Mandiri Perdesaan yang telah memberikan kesempatan kepada mereka untuk bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang tak ternilai harganya.
Peserta Pelatihan Menjahit PNPM Mandiri Perdesaan
Kelurahan Mampun


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGADUAN PNPM MANDIRI PERDESAAN

Via Web : Klik Disini
Via SMS, Kirim Ke : 0821 1210 9495 / 0857 1030 1234
Via Email : pengaduan@ppk.or.id atau pengaduan@nmc.ppk.or.id
Via Surat : Komp. Bungur Indah No.1 Jl.Bungur, Kemang Utara Jakarta Selatan 12730

Dapat Juga Melalui Fasilitator Kabupaten merangin
Iwan Joni HS : 085378628717
Adiarta : 08127431159
Bayu Pramono : 085211566898

Untuk dapat segera ditindaklanjuti pengaduan yang disampaikan melalui sms, email maupun website ini hendak nya menyertakan beberapa informasi yang relevan dan lengkap, seperti nama program, lokasi dan pelaku yang diadukan

Terima Kasih.

Entri Populer