Selamat Datang DiBlogspot PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Merangin

Selasa, 07 Januari 2014

PENGEMBANGAN KOLAM IKAN LELE

BANTUAN PENGEMBANGAN KOLAM IKAN
DI DESA PELAKAR JAYA KEC. PAMENANG

Pada tahun Anggaran 2014 Kecamatan Pamenang Kab. Merangin mendapatkan ancar-ancar lokasi dana sebesar Rp. 800.000.000,- dan salah satu kegiatan yang akan didanai sesuai dengan hasil Musyawarah Antar desa Prioritas Usulan yaitu kegiatan  ‘PENGEMBANGAN KOLAM IKAN LELE “oleh kelompok ibu-ibu di Desa Pelakar Jaya. Dimana kolam ikan yang sudah ada dan aktif  ada ikannya baru satu kolam dengan ukuran 16 m X 8 m, sedang yang 4 (empat) kolamnya lagi belum diaktif dan kedalaman kolam juga masih dangkal dan belum memenuhi kedalam kolam yang standar serta belum diisi dengan ikan.
Kegiatan pengembangan kolam merupakan usulan kegiatan pengganti usulan kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP), dimana UPK Pamenang untuk Tahun 2014 tidak dapat menyerap dana SPP yang 25 % dari dana BLM, maka diadakan kegiatan penggantinya Cerita lainnya adalah penuturan keputusasaan Upit Sri Riski, warga Desa Pelakar Jaya Kecamatan Pamenang. Maka pada tanggal 24 desember 2013 telah dilakukan Survey Detail kekelompok tersebut, yang disertai dengan tanya jawab dan dihadiri pula oleh Fasilitator Kabupaten Merangin yaitu Bapak Drs. Samsul Bahri. Disamping tanya jawab dengan kelompok ibu-ibu dan perangkat desanya juga dilakukan peninjauan langsung kekolam yang akan dikembangkan yang berjumlah 5 (lima) unit kolam. Didalam melakukan Survey Detail, kami dari Tim PNPM-Md Kec. Pamenang juga melibat PPL / penyuluh pertanian dan Pak Tarmizi selaku orang yang sudah berpengalaman dalam pemeliharaan ikan.
Setelah diadakan survey Detail, baik melalui hasil tanya jawab dengan anggota kelompok maupun tinjauan lapangan maka didapat beberapa hasil kesimpulan antara lain :
1.     Bantuan yang diharapkan oleh kelompok yaitu : biaya untuk membuat kolam ikan yang permanen sebanyak 2 (dua) unit dengan ukuran 18 m X 32 m; bantuan bibit ikan lele sesuai ukuran kolam tersebut ; pakan untuk pemeliharaan selama 3 bulan ; pompa air untuk mengantisipasi musim kemarau ; jaring untuk kerambanya serta pembuatan drainase di pinggir kolam.
2.     Dalam rangka pemeliharaan ikan lele kelompok tersebut telah membuat rencana dan sebagiannya sudah terlaksana antara lain : jadwal piket bergilir untuk memberi pakan ikan ; jadwal jaga malam untuk bapak-bapak ( para suami anggota kelompok), dan siap bekerja sama dengan penyuluh lapangan pertanian dan perikanan kec. Pamenang.
3.   Swadaya kelompok antara lain membuat pondok jaga dan pagar semi permanen di sekeliling kolam.
Untuk prospek pemasaran di wilayah pamenang tidak diragukan lagi, karena selama ini ikan biasanya dibeli pedagang dari Lubuk Linggau (Sumsel) dan dipasarkan kedaerah Merangin termasuk Pamenang karena Kab. Merangin kekurangan stok ikan. Disamping itu didukung lagi dengan pasar di kecamatan Pamenang baik itu pasar kecamatan maupun pasar desa antara lain :

1.      Pasar Kecamatan di Keluran Pamenang;
2.      Pasar Desa di Desa Tanah Abang ;
3.      Pasar Desa Sungai Udang ;
4.      Dan pasar desa sialang serta pedagang keliling harian.


Maka kami selaku Tim PNPM-MPd Kecamatan Pamenang antara lain : Toni Irawan (FK), Wahyudin (FT), M Sando (Ketua UPK), Muslim (PJOK) dan M. Tugino ( ketua BKAD); memberikan suppor yang besar terhada usulan kegiatan tersebut, yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan pendapatan serta ekonomi keluarga kelompok tersebut, dan kegiatan ini dapat sebagai contoh bagi kelompok masyarakat yang lainnya, baik didalam Desa Pelakar jaya sendiri maupun kelompok masyarakat tingkat antar desa dalam wilayah Kec. Pamenang. (Penulis Toni Irawan FK. Pamenang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGADUAN PNPM MANDIRI PERDESAAN

Via Web : Klik Disini
Via SMS, Kirim Ke : 0821 1210 9495 / 0857 1030 1234
Via Email : pengaduan@ppk.or.id atau pengaduan@nmc.ppk.or.id
Via Surat : Komp. Bungur Indah No.1 Jl.Bungur, Kemang Utara Jakarta Selatan 12730

Dapat Juga Melalui Fasilitator Kabupaten merangin
Iwan Joni HS : 085378628717
Adiarta : 08127431159
Bayu Pramono : 085211566898

Untuk dapat segera ditindaklanjuti pengaduan yang disampaikan melalui sms, email maupun website ini hendak nya menyertakan beberapa informasi yang relevan dan lengkap, seperti nama program, lokasi dan pelaku yang diadukan

Terima Kasih.

Entri Populer