Selamat Datang DiBlogspot PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Merangin

Selasa, 11 Juni 2013

PRASARANA BAIK - PEREKONOMIAN PUN TERBANTU



PRASARANA BAIK, PEREKONOMIAN PUN TERBANTU

Oleh: Toni Suherman
FK Tabir Ulu


Desa Kapuk adalah desa yang berbatasan dengan Kawasan Penghijauan dan Konservasi Alam, yang terletak di wilayah Kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin, Kehidupan masyarakat di sini umumnya adalah petani, pedagang dan pegawai pemerintah. Munculnya PNPM Mandiri Perdesaan di Desa Kapuk membawa berkah yang sangat banyak kepada masyarakat Desa Kapuk. Program Pemerintah yang disosialisasikan kepada masyarakat bertujuan untuk membantu masyarakat keluar dari persoalan kemiskinan di desa/wilayahnya dirasakan sangat membantu.

PNPM Mandiri Perdesaan tidak fokus hanya pada satu kegiatan, tetapi juga meliputi kegiatan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dianggap prioritas sebagai pokok masalah kemiskinan di masyarakat, yaitu bidang prasarana fisik, sosial dan ekonomi. Selain itu masyarakat diajak bagaimana menemukan dan memecahkan masalah secara bersama-sama. Lingkungan masyarakat yang masih memiliki keterbatasan dan ketertinggalan, sarana transportasi yang sangat perlu untuk menunjang kelancaran pengangkutan hasil pertanian mulai dilaksanakan secara bertahap oleh TPK Desa Kapuk, bersama masyarakat.

Dana Bantuan Langsung (BLM) yang dikucurkan oleh pemerintah melalui PNPM Mandiri Perdesaan kepada TPK Desa Kapuk sebagian dimanfaatkan untuk pembangunan prasarana, dan penambahan modal bergulir. Pembangunan jalan baru di Desa Kapuk dirasakan telah membawa berkah yang sangat besar untuk kelancaran transportasi dan pengangkutan hasil pertanian lebih lancar. Selain itu juga memberikan lapangan kerja kepada masyarakat sebagai pekerja pengangkut hasil panen.

Demikian juga manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat dimana jalan yang dilalui tidak becek dan licin kalau musim hujan, serta memberikan pemandangan yang nyaman dengan selesainya pembangunan jalan tersebut. Dana pinjaman bergulir juga sangat membantu masyarakat untuk bantuan modal dalam hal Kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP). Sebelumnya, saat tanam petani harus berutang dulu dan dibayar saat panen dengan harga yang lebih mahal. Sekarang, mereka bisa membayar kontan.

Begitu juga dengan pedagang kecil-kecilan, dapat menambah modal untuk dagangannya, sehingga keuntungan juga bertambah. Kekompakan dan kepercayaan TPK dan masyarakatlah yang membawa kesuksesan untuk Desa Kapuk. PNPM Mandiri Perdesaan di Desa Kapuk telah membawa suatu berkah, dan perekonomian masyarakatnya juga sekarang lebih baik.

Sarana Infrastruktur di Desa Medan Baru Semakin Tertata

Di kecamatan yang sama, yaitu Kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin, terdapat Desa Kapuk  yang berbatasan dengan Desa Pulau Aro dan Desa Kapuk. Mayoritas penduduk Desa Medan Baru adalah petani, pedagang dan pegawai pemerintah.

Salah satu kiprah nyata yang dilakukan TPK di desa ini adalah pembangunan jalan rabat beton. Dulu jalanan selalu becek dan licin di musim hujan, sehingga mengganggu perjalanan para petani ke sawahnya atau ketika panen karet. Tapi kini, masyarakat sudah bisa menggunakan roda dua dan lebih mudah mengangkut hasil tani. Tingkat pengembalian ekonomi bergulir di Desa Medan Baru juga mencapai 100%. Kekompakan dan kepercayaan TPK dengan masyarakatlah yang membawa kesuksesan untuk Desa Medan Baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGADUAN PNPM MANDIRI PERDESAAN

Via Web : Klik Disini
Via SMS, Kirim Ke : 0821 1210 9495 / 0857 1030 1234
Via Email : pengaduan@ppk.or.id atau pengaduan@nmc.ppk.or.id
Via Surat : Komp. Bungur Indah No.1 Jl.Bungur, Kemang Utara Jakarta Selatan 12730

Dapat Juga Melalui Fasilitator Kabupaten merangin
Iwan Joni HS : 085378628717
Adiarta : 08127431159
Bayu Pramono : 085211566898

Untuk dapat segera ditindaklanjuti pengaduan yang disampaikan melalui sms, email maupun website ini hendak nya menyertakan beberapa informasi yang relevan dan lengkap, seperti nama program, lokasi dan pelaku yang diadukan

Terima Kasih.

Entri Populer