Selamat Datang DiBlogspot PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Merangin

Rabu, 10 September 2014

Jembatan Gantung desa Rantau Ngarau Kecamatan Tabir Ulu



JEMBATAN ini BUKTI SEMANGAT KAMI
Oleh: Fasilitator Kecamatan Tabir Ulu

 
Desa Rantau Ngarau adalah desa penghujung Kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin, berbatasan dengan Desa Muara Langeh, Kecamatan Tabir Barat. Kehidupan masyarakat di sini umumnya adalah petani dan beberapa  pedagang. Munculnya PNPM Mandiri Perdesaan di Desa Rantau Ngarau membawa berkah yang sangat banyak kepada masyarakat Desa Rantau Ngarau. Program Pemerintah yang disosialisasikan kepada masyarakat bertujuan untuk membantu masyarakat keluar dari persoalan kemiskinan di desa/wilayahnya dirasakan sangat membantu.


 Gbr. Jembatan gantung

PNPM Mandiri Perdesaan tidak fokus hanya pada satu kegiatan, tetapi juga meliputi kegiatan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dianggap prioritas sebagai pokok masalah kemiskinan di masyarakat,salah satunya yaitu bidang prasarana fisik.


 Gbr. Gotong-royong masyarakat

Pada tahapan tahun  2013 PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Tabir Ulu, Desa Rantau Ngarau mendapatkan alokasi dana untuk kegiatan prasarana berupa jembatan gantung 60 meter. Ada cerita menarik dibalik suksesnya pembangunan jembatan gantung ini, mungkin karena ini pertama kalinya kecamatan Tabir Ulu, khususnya Desa Rantau Ngarau melakukan pembangunan jembatan gantung yang didanai oleh PNPM Mandiri Perdesaan.Pada awalnya TPK sangat kesulitan untuk melakukan kegiatan ini, tapi karena semangat masyarakat yang ingin punya jembatan akhirnya selalu ada jalan keluar, ini terbukti dari partisipasi masyarakat yang bersemangat begotong royong untuk menyelesaikan pekerjaan walau pun tersendat-sendat. Dari tidak tahu menjadi tahu, biar lambat asal selamat, mungkin itu istilah yang tepat untuk pelaksanaan pembangunan jembatan ini.
Salah satu kiprah nyata yang dilakukan TPK dan Kader Teknis yang difasilitasi KPMD di desa ini dalam pembangunan jembatan gantung. Dulu masyarakat harus menyebrang sungai dengan perahu untuk keladang,kalau musim hujan masyarakat tidak bisa melakukan aktivitasnya  karena terkendala dengan derasnya air sungai, sehingga masyarakat harus menunggu terkadang sampai beberapa hari. Dan ini sangat  mengganggu perjalanan para petani ke ladang atau kekebunnya. Tapi kini, masyarakat sudah bisa menggunakan roda dua dan lebih mudah mengangkut hasil tani.

 Gbr. Finishing
 
Trimokasih,,,,trimokasih nian kami samo PNPM dengan di bangunnyo jembatan kami ini,hamper 80 % masyarakat kami menggantungkan hidupnyo disebrang, karno kebun dan ladang kami di sanolah. Mudah mudahan PNPM ko lebih sukses kedepannya, jembatan ini mewakili semangat kami. Sayo mewakili masyarakat kami, ungkap Bapak kepala desa Rantau Ngarau, M Nasir. Disala-sela acara MDST.

Sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGADUAN PNPM MANDIRI PERDESAAN

Via Web : Klik Disini
Via SMS, Kirim Ke : 0821 1210 9495 / 0857 1030 1234
Via Email : pengaduan@ppk.or.id atau pengaduan@nmc.ppk.or.id
Via Surat : Komp. Bungur Indah No.1 Jl.Bungur, Kemang Utara Jakarta Selatan 12730

Dapat Juga Melalui Fasilitator Kabupaten merangin
Iwan Joni HS : 085378628717
Adiarta : 08127431159
Bayu Pramono : 085211566898

Untuk dapat segera ditindaklanjuti pengaduan yang disampaikan melalui sms, email maupun website ini hendak nya menyertakan beberapa informasi yang relevan dan lengkap, seperti nama program, lokasi dan pelaku yang diadukan

Terima Kasih.

Entri Populer